Sunday, March 21, 2010

Tentang Geografi

Geografi yang merupakan Induk dari semua ilmu pengetahuan yang berkembang menjadi berbagai ilmu pengetahuan baik IPA maupun IPS, tapi lucunya di Indonesia justru dianggap mata Pelajaran yang tidak Penting!
PENGERTIAN GEOGRAFI :1) Istilah Geografi diperkenalkan oleh Erastothenes kira-kira 1 abad Sebelum Masehi. Pada awalnya,istilah Geografi masih menceritakan kesan-kesan penjelajahan dari berbagai penjuru bumi, tanpa memperhatikan ketepatan letaknya di muka bumi. Kelompok semacam ini di kenal dengan aliran logografi. 2)Pengetahuan Geografi yang membandingkan data Geografi & karakteristik Wilayah merupakan salah satu perkembangan dari ilmu Geografi yang di sebut Comparative geography. Salah satu tokoh penganutnya adalah Karl Ritter. 3)Thales(640-546 SM) adalah seorang ilmuwan Yunani kuno yang telah berusaha mendokumentasikan berbagai macam keterangan yang berkaitan dengan Geografi.Ia meneliti dan menggali berbagai informasi Geografi dengan melakukan perjalanan ke berbagai tempat.
Di IKIP Semarang dalam Seminar dan Lokakarya Peningkatan Kualitas Pengajaran Geografi pada tahun 1988, IGI (Ikatan Geografi Indonesia) merumuskan bahwa Geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena Geosfer dengan sudut pandang kelingkungan, kewilayahan dalam kontek keruangan. SEDANGKAN PENGERTIAN GEOGRAFI MODERN: Geografi modern adalah Geografi terpadu(integrated geografi) yang mempunyai ciri menggunakan tiga pendekatan, yaitu pendekatan keruangan, kelingkungan, dan kompleksitas wilayah. ANALISIS SUATU MASALAH YANG MENGGUNAKAN PENDEKATAN KERUANGAN DAPAT DI LAKUKAN DENGAN PERTANYAAN 5W 1H SEBAGAI BERIKUT: 1)WHAT(APA), 2)WHEN(KAPAN), 3)WHERE(DIMANA), 4)WHY(MENGAPA), 5)WHO(SIAPA), & HOW(BAGAIMANA)
OBJEK GEOGRAFI ADALAH GEOSFER DENGAN TIGA PENDEKATAN YAITU : 1).Pendekatan keruangan(spatial). 2).Pendekatan kelingkungan(ekologi). 3)'Pendekatan kewilayahan(Regional).
Perkataan Geografi berasal dari bahasa Yunani:Geo berarti Bumi dan Graphien berarti Tulisan atau Gambaran. Jadi secara harfiah, Geografi berarti tulisan tentang Bumi. Oleh karena itu, Geografi sering juga disebut ilmu bumi.
Secara garis besar, seluruh objek kajian Geografi dapat dibedakan atas dua aspek utama, yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik meliputi aspek Kimiawi, Biologis, Astronomis, dan sebagainya, sedangkan aspek sosial meliputi aspek Antropologis, Politis, Ekonomis, dan sebagainya.
ILMU PENUNJANG GEOGRAFI ATAU CABANG-CABANG DARI ILMU GEOGRAFI ADALAH:1). GEOLOGI, 2). GEOFISIKA, 3). METEOROLOGI, 4). ASTRONOMI, 5). BIOGEOGRAFI, 6). GEOMORFOLOGI, 7). HIDROGRAFI, 8). OSEANOGRAFI, 9).PALEONTOLOGI, 10). ANTROPOGEOGRAFI, 11). GEOGRAFI MATEMATIK, 12). GEOGRAFI HISTORIK, 13). GEOGRAFI REGIONAL, 14). GEOGRAFI POLITIK, 15). GEOGRAFI FISIK, 16). GEOGRAFI MANUSIA.
FUNGSI PELAJARAN GEOGRAFI ADALAH: a). Mengembangkan pengetahuan tentang pola-pola keruangan dan proses yang berkaitan. b). Mengembangkan keterampilan dasar dalam memperoleh data dan informasi, mengkomunikasikan dan menerapkan pengetahuan Geografi. c). Menumbuhkan sikap, kesadaran, dan kepedulian terhadap lingkungan hidup dan sumber daya serta toleransi terhadap keragaman sosial-budaya masyarakat.
TUJUAN PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELIPUTI TIGA ASPEK,YAITU PENGETAHUAN, KETERAMPILAN DAN SIKAP.
I.PENGETAHUAN:a). Mengembangkan Konsep dasar Geografi yang berkaitan dengan pola keruangan dan proses-prosesnya. b). Mengembangkan pengetahuan sumber daya alam, peluang, dan keterbatasannya untuk dimanfaatkan. c). Mengembangkan Konsep dasar Geografi yang berhubungan dengan lingkungan sekitar, dan wilayah negara atau dunia. II.KETERAMPILAN:a). Mengembangkan keterampilan mengamati lingkungan fisik, lingkungan sosial dan lingkungan binaan. b). Mengembangkan keterampilan mengumpulkan, mencatat data dan informasi yang berkaitan dengan aspek-aspek keruangan. c). Mengembangkan Keterampilan Analisis, Sintesis, kecenderungan, dan hasil-hasil dari interaksi berbagai gejala Geografis. III.SIKAP:a). Menumbuhkan kesadaran terhadap perubahan fenomena Geografi yang terjadi di lingkungan sekitar. b). Mengembangkan sikap melindungi dan tanggung jawab terhadap kualitas lingkungan hidup. c). Mengembangkan kepekaan terhadap permasalahan dalam pemanfaatan sumber daya. d). Mengembangkan sikap toleransi terhadap perbedaan sosial Budaya. e). Mewujudkan rasa cinta tanah air dan persatuan bangsa.
PRINSIP-PRINSIP GEOGRAFI: a). prinsip persebaran, yaitu suatu gejala yang tersebar tidak merata di permukaan bumi yang meliputi bentang alam, tumbuhan, hewan dan Manusia. b). prinsip interrelasi, yaitu suatu hubungan yang saling terkait dalam ruang, antara gejala yang satu dengan yang lain. c). prinsip deskripsi, yaitu penjelasan lebih jauh mengenai gejala-gejala yang diselidiki/dipelajari. Deskripsi, selain disajikan dengan tulisan atau kata-kata, dapat juga dilengkapi dengan diagram, grafik, tabel, gambar dan peta. d). prinsip korologi, yaitu gejala, fakta, ataupun masalah geografi di suatu tempat yang di tinjau sebarannya, interrelasinya, interaksinya, dan integrasinya dalam ruang tertentu, sebab ruang itu akan memberikan karakteristik kepada kesatuan gejala tersebut.
EMPAT HAL PENTING DALAM GEOGRAFI:1). PENCITRAAN(DESCRIPTION). 2). PENJELASAN(EXPLANATION). 3). PENGANALISAAN(ANALYSIS). DAN 4). PENERAPAN(APPLICATION).
CONTOH PENERAPAN PRINSIP GEOGRAFI:Daerah Pantai dengan penghasilan utama ikan sedangkan daerah Pegunungan merupakan daerah dengan penghasilan Utama Sayur mayur, Perbedaan Potensi inilah yang disebut PERSEBARAN. Kalau Perbedaan penghasilan ini menyebabkan terjadinya hubungan antara orang daerah Pantai dengan orang daerah Pegunungan dengan Tujuan saling melengkapi keperluan dari berbagai aspek kehidupan baik secara Fisik maupun secara sosial maka hubungan inilah yang di sebut INTERRELASI, Dan setiap hubungan baik berupa Relasi maupun Interrelasi akan menimbulkan cerita atau DISKRIPSI, Cerita atau DISKRIPSI diyakini kebenarannya jika di dukung oleh fakta-fakta yang benar atau KOROLOGI.
INTERAKSI SDM & SDA : Sumber Daya Manusia(SDM) & Sumber Daya Alam(SDA). Kita semua ketahui bahwa Kemajuan suatu Negara sangat tergantung dengan Interaksi SDM dengan SDA. Kekayaan SDA harus diikuti kemampuan SDM untuk mengolah & mengelolanya, karena Kekayaan SDA yang melimpah tanpa diiringi SDM yang berkualitas maka kekayaan alam itu tidak bermanfa'at. Contoh: Kota yang paling potensial di Amerika Serikat adalah kota Orlando,dengan kemampuan SDMnya mampu menjadikan Amerika Serikat sebagai Negara yang kaya Raya! Pada hal Potensi kota Orlando itu setara dengan potensi kabupaten Sintang,Kalimantan Barat pada hal Kabupaten Sintang bukan merupakan Kabupaten yang paling potensial untuk wilayah Kalimantan Barat.dan di Indonesia Kabupaten yang lebih potensial daripada Kabupaten Sintang itu Banyak hanya saja SDMnya belum mampu mengolah SDAnya sendiri alias minta Tolong dengan tenaga ahli dari luar negeri.
PENGOLAHAN SUMBER DAYA ALAM OLEH TENAGA AHLI ASING: Ibarat kita merupakan sebuah keluarga yang ingin belajar membuat kue dan minta tolong tetangga yang pandai membuat kue, Tetangga yang pandai membuat kue itu datang ke rumah kita tidak membawa apa-apa! Jadi dari Bahan,cetakan kue semua milik kita! tapi setelah kue itu masak maka separuh cetak kita berikan kepada Tetangga yang pandai membuat kue tadi sebagai tanda terima kasih,hal itu sangat wajar Kalau ada usaha kita untuk belajar(alih teknologi)! Kalau tidak ada usaha alih teknologi alias minta tolong terus menerus berapa kerugian yang kita terima? Yang lebih parah selama ini sudah Banyak Anak bangsa yang di utus sebagai duta bangsa dalam rangka alih teknologi, tapi setelah di lapangan tidak diakui bangsa kita sendiri! Dengan bukti Gaji tenaga kerja luar Negeri lebih tinggi di banding tenaga kerja dalam Negeri dalam Posisi atau Pangkat yang sama.
FENOMENA GEOGRAFI:Fenomena Geografi adalah suatu gejala,kejadian atau peristiwa yang berhubungan dengan Geografi! di dalam Geografi dibagi menjadi 2(dua) yaitu:1)Fenomena Alam yang dibahas dalam Geografi Fisis. & 2)Fenomena Sosial yang dibahas dalam Geografi Sosial.
CONTOH FENOMENA ALAM: Gempa Bumi(Seisme), Tsunami,Kegunung Apian(Vulkanisme), Pergeseran Lempeng Bumi(Tektonisme),Pengikisan(Erosi),Tanah Runtuh, Tanah Mengalir dan sebagainya.
CONTOH FENOMENA SOSIAL:Krisis Ekonomi, Kesenjangan Sosial, Globalisasi, westernisasi, Penyimpangan Sosial, Alkulturasi Kebudayaan, dan lain-lain
BEBERAPA ILMU PENUNJANG GEOGRAFI FISIS: GEOLOGI, GEOMORFOLOGI, ZOOGEOGRAFI, FITOGEOGRAFI, ASTRONOMI, KLIMATOLOGI, GEOKIMIA, ILMU TUBUH TANAH, VULKANOLOGI.
BEBERAPA ILMU PENUNJANG GEOGRAFI SOSIAL: ANTROPOGEOGRAFI, GEOGRAFI POLITIK, GEOGRAFI EKONOMI, GEOGRAFI SOSIAL, DEMOGRAFI, GEOGRAFI SEJARAH, GEOGRAFI BUDAYA, GEOGRAFI KEPENDUDUKAN.
TSUNAMI: Tsunami adalah gempa bumi yang di ikuti naiknya air laut yang ekstrim secara mendadak! Dan itu semua bisa terjadi bila gempanya merupakan gempa Tektonik dengan pusat gempa di dasar laut dan membentuk Palung laut! Karena meluapnya air laut disebabkan oleh adanya pergeseran lempeng yang membentuk Palung di dasar laut secara mendadak,maka terjadilah Pengisian Palung tersebut sehingga menyebabkan air laut menjadi surut, baru sesaat kemudian terjadi luapan air laut dikarenakan Pengisian Palung secara cepat dan mendadak tidak tertampung oleh Palung tersebut! Jadi prosesnya seperti Kalau kita mengalirkan air pada sebuah tempat yang miring dan diberi penghalang/tanggul!
KONSEP-KONSEP ESSENSIAL GEOGRAFI: 1)Lokasi:a)absolut(berdasarkan garis lintang & garis bujur),b)relatif(tergantung daerah sekitarnya).2)Jarak:a)absolut(km),b)relatif(jam) 3)Keterjangkauan(Contoh:komunikasi). 4)Pola(berupa gambar/Fenomena Geosfer). 5)Morfologi(bentang alam hasil bentukan tenaga endogen/exogen). 6)Aglomerasi(pengelompokan fenomena). 7)Nilai Kegunaan. 8)Interaksi & Interdependensi. 9)Diferensiasi Area. 10)Keterkaitan Keruangan.
KONSEP ESSENSIAL GEOGRAFI OLEH WHIPLE: 1)BUMI SEBAGAI PLANET, 2)VARIASI CARA HIDUP, 3)VARIASI WILAYAH ALAMIAH, 4)MAKNA WILAYAH BAGI MANUSIA, 5)ARTI PENTING LOKASI DALAM MEMAHAMI PERISTIWA DUNIA.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Asia Timur dan Pasifik